Pages

Kamis, 09 Januari 2014

E-Mail

Pengertian Email,- Email, saya yakin anda sudah pernah mendengan istilah ini. Meskipun anda baru pertama kali menjelajah dunia internet. Karena Email menjadi istilah yang populer belakangan ini di tengah-tengah masyarakat kita. Mungkin saja sebagian dari kita hanya sebatas tahu istilah email tanpa faham kegunaan, cara kerja, serta pengertian email yang sebenarnya. Lewat tulisan ini kita bahas pengertian email serta cara kerja daripada email tersebut.
Pengertian E-Mail Adalah
PENGERTIAN E-MAIL
Pengertian Email adalah sarana komunikasi yang di dalamnya mampu untuk mengirim, menerima, dan menyimpan pesan melalui fasilitas jaringan internet. Cara kerja email sama halnya dengan mengirim surat melalui pos. Dimulai dengan kita menulis surat kemudian dikirim, diterima sampai dengan dibaca oleh si penerima. Perbedaanya dengan mengirim surat melalui pos, semua kegiatan email dilakukan pada media elektronik. Jalur internet yang digunakan untuk mengirim pesan email, dalam surat konvensional yaitu berbentuk perangko dan petugas pos-nya.
Hampir semua kalangan saat ini sudah menggunakan email untuk media komunikasinya. Apalagi untuk sebuah perusahaan, email menjadi sarana wajib untuk dimiliki. Dengan menggunakan email informasi perusahaan akan lebih cepat tersampaikan dan tentunya lebih aman. Tidak hanya pesan yang berbentuk text saja, dengan menggunakan email kita bisa mengirim pesan sekaligus file yang berbentuk video, suara, dan file-file dokumen lainnya.
Komponen Pada EMail
Email bekerja melalui protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), protokol inilah yang bekerja menerima email yang masuk ke server mail lalu disampaikan ke penerima sesuai dengan alamat email yang dituju oleh si pengirim. Pada dasarnya sebuah alamat email terdiri atas dua bagian. Bagian pertama adalah user ID dan bagian kedua adalah domain name atau hostname, kedua bagian ini dipisahkan oleh simbol @ (dibaca at). Contoh alamat admin@mandalamaya.com ini berarti admin disebut User ID dan mandalamaya.com adalah domain. Mandalamaya.com ini merupakan tempat disimpannya Server Email.
Pemahaman Sekilah Membangun Email Server
Email merupakan singkatan Elektronic Mail atau dalam bahasa kita Surat Elektronik. Untuk memiliki sebuah email saat ini sangat mudah, banyak penyedia layanan email yang memberikan layanannya secara cuma-cuma. Yang paling populer sebut saja Google Mail dengan GMail-nya, Yahoo Mail, Hotmail dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain menggunakan fasilitas gratis seperti di atas, kita juga bisa membangun sendiri sebuah server yang digunakan sebagai Mail Server. Biasanya penggunaan Mail Server sendiri ini digunakan oleh perusahaan yang memerlukan kecepatan transfer data serta ruang penyempinan email yang tidak terbatas. Untuk membangun sebuah server email bisa dibilang gampang-gampang susah. Disebut mudah karena komponen aplikasi untuk membangun Server Mail bisa didapatkan dengan gratis (terutama Linux Based) serta tutorial membangun server mail yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Dibilang susah karena Email adalah fasilitas yang memerlukan kemanan yang terjamin. Pesan yang beredar melalui email biasanya meruapakan pesan-pesan yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, sehingga menuntut sitem keamanan Mail Server yang baik pula.
Itulah pengertian email yang mampu saya jelaskan kali ini, semoga dengan artikel ini kita tidak hanya tahu istilah email saja, namun kita juga bisa mendefiniskan perngertian email tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger